SMK Negeri 1 Cibatu

Jln. Raya Sadang-Subang Desa Cipinang Kec. Cibatu, Purwakarta

BE THE BEST

Profil dan Prestasi Pramuka

 

PROFILE GERAKAN PRAMUKA SMK NEGERI 1 CIBATU

 

AMBALAN RADEN WALANGSUNGSANG (13.037)

AMBALAN NYI MAS RARA SANTANG (13.038)

 

 

SEJARAH SINGKAT SMK NEGERI 1 CIBATU

SMK Negeri 1 Cibatu berdiri sejak 23 September 2004, dengan nama SMK Kecil Negeri Cibatu. Dengan segala keterbatasan yang dimiliki oleh sekolah ini, Bapak Drs. Heri Hermansyah dengan beberapa orang guru mengelola sekolah ini berjalan dan berjuang terus dengan berbagai dinamikanya, diantaranya masih menggunakan fasilitas gedung milik SMPN 1 Cibatu yang terletak di Desa Cipancur.

Setelah melalui perjalanan panjang berpindah-pindah dari ruang kesenian SMPN 1 Cibatu, dan menjalankan pembelajaran produktif dengan ruangan dan fasilitas seadanya barulah pada semester berikutnya dibangunlah 2 ruangan kelas, 1 ruangan bengkel dan 1 ruang TU yang merangkap ruang guru dan masih berada di wilayah SMPN 1 Cibatu.

Kemudian setelah perjalanan panjang, SMKN 1 Cibatu hijrah berpindah ke Desa Cipinang dan meletakan batu pertama sebagai bangunan baru yang sampai saat ini dikenal sebagai kampus SMKN 1 Cibatu Jl. Sadang-Subang KM. 15 Desa Cipinang Kec. Cibatu Kab. Purwakarta 41183. Lalu nama sekolah dikukuhkan dengan nama SMKN 1 Cibatu hingga saat ini. Pada awalnya sekolah hanya memiliki jurusan Teknik Otomotif saja, yang kemudian berkembang dan sampai saat ini memiliki 5 kejuruan yaitu: TKRO (Teknik Kendaraan Ringan Otomotif), TPM (Teknik Pemesinan), TKJ (Teknik Komputer Jaringan), AKL (Akuntansi dan Keuangan Lembaga) dan OTKP (Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran) dengan jumlah siswa hampir 1000 siswa.

Sejak tahun 2004 hingga sekarang sekolah ini telah beberapa kali mengalami pergantian Kepala Sekolah yang sekaligus sebagai KAMABIGUS untuk kepramukaanya.

  1. Bapak Drs. Heri Hermansyah
  2. Ibu Meita Tjumiatini, M.Pd
  3. Bapak Drs. H. Tedi Rosadi
  4. Ibu H. Rd. Dedeh Kuraesin, MM.Pd
  5. Kembali kepada Ibu Meita Tjumiatini, M.Pd
  6. Bapak Asep Setiawan, S.Pd., M.M (sampai sekarang)

Akibat dari dinamika tersebut di atas, maka keberadaan Gerakan Pramuka di SMKN 1 Cibatu belum terlacak kapan waktu berdirinya dengan pasti. Informasi yang dapat terkumpulkan hanyalah nama-nama Pembina Gugus Depan yang pernah mengampu di kepramukaan SMKN 1 Cibatu, yaitu:

  1. Bapak Mudiana Sofyan, S.Pd (2004 - 2013)
  2. Bapak Lani Jaelani Hartono (2013 - 2014)
  3. Bapak Ali akbar, S.Pd – Ibu Hanni Nurfauziah, S.Pd (2014 - 2016)
  4. Bapak Ali Akbar, S.Pd – Ibu Indriati, S.Pd (2016 - 2019)
  5. Ibu Vina Septiana Lira, S.Pd (2019 – sekarang)

Gerakan Pramuka SMKN 1 Cibatu berdasarkan ketentuan yang berlaku memiliki anggota untuk tingkatan Penegak. Sehingga Gugus Depan memiliki organisasi kepenegakan yang disebut dengan Dewan Ambalan.

Dewan Ambalan di SMKN 1 Cibatu sebelumnya sudah pernah ada yaitu Ambalan Gajah Mada dan Cut Nyak Dien. Dikarena beberapa kondisi khusunya ketidakpastian filoosofi yang sebenarnya awal dipilihnya nama Ambalan tersebut akhirnya para pengurus senior khususnya para pelatih membentuk tim khusus untuk mencari dan menciptakan nama Ambalan baru.

Dengan memperhatikan beberapa ketentuan yang berlaku di Gerakan Pramuka, serta tujuan akhir yang ingin dicapai, maka disepakati beberapa kriteria sebagai berikut:

  1. Nama Ambalan diambil dari nama tokoh kepahlawanan atau tokoh sejarah tatar sunda yang memiliki karakter agung, teladan dan memiliki semangat juang.
  2. Diutamakan diambil dari tokoh sejarah tatar sunda yang memiliki suri tauladan secara universal.

Setelah melalui proses pencarian, pendalaman, konsultasi dan diskusi yang cukup panjang, akhirnya disepakati nama Ambalan yang diambil adalah:

RADEN WALANGSUNGSANG untuk putra

NYI MAS RARA SANTANG untuk putri

Beberapa alasan dipilihnya nama RADEN WALANGSUNGSANG untuk putra:

  1. RADEN WALANGSUNGSANG atau dikenal pula pangeran Cakrabuana adalah tokoh kesundaan yang merupakan putra dari Prabu Siliwangi dan Nyi Mas Subanglarang, sehingga diharapkan seluruh anggota Ambalan menjadi orang-orang yang mampu melestarikan budaya tatar sunda dimana tempat kita bernaung di Jawa Barat agar tidak lupa sejarah tempat asal usul kita.
  2. RADEN WALANGSUNGSANG merupakan tokoh yang lekat akan suri tauladan keislamannya, sehingga diharapka seluruh anggota Ambalan bisa menjadi manusia yang berasaskan ketuhanan yang maha esa serta beriman dan bertaqwa kepada-Nya.
  3. RADEN WALANGSUNGSANG adalah tokoh yang bijaksana dalam menghadapi masalah, sehingga diharapkan seluruh anggota Ambalan akan menjadi orang-orang yang bijaksana.
  4. RADEN WALANGSUNGSANG adalah tokoh yang selalu dihormati oleh semua orang. Sehingga diharapkan seluruh anggota Ambalan diharapkan dapat menjadi orang-orang yang mampu menjaga kehormatannya dan dihormati semua orang.
  5. RADEN WALANGSUNGSANG adalah tokoh yang sederhana dan tidak sombong, sehingga diharapkan seluruh anggota Ambalan akan menjadi orang-orang yang bersahaja dan tidak menyakiti orang lain.
  6. RADEN WALANGSUNGSANG adalah tokoh yang selalu bersyukur dan pekerja keras, sehingga diharapkan seluruh anggota Ambalan dapat menjadi manusia yang berguna bagi dirinya sendiri, keluarganya, lingkungannya, bangsa dan negara serta agamanya juga menjadi pribadi yang pantang menyerah.

Beberapa alasan dipilihnya nama NYI MAS RARA SANTANG untuk putri:

  1. NYI MAS RARA SANTANG adalah tokoh kesundaan yang juga adik kandung dari Raden Walangsungsang adalah putri dari Prabu Siliwangi dan Nyi Mas Subanglarang sehingga diharapkan seluruh anggota Ambalan menjadi orang-orang yang mampu melestarikan budaya tatar sunda dimana tempat kita bernaung di Jawa Barat agar tidak lupa sejarah tempat asal usul kita.
  2. NYI MAS RARA SANTANG merupakan tokoh yang lekat akan suri tauladan keislamannya, sehingga diharapka seluruh anggota Ambalan bisa menjadi manusia yang berasaskan ketuhanan yang maha esa serta beriman dan bertaqwa kepada-Nya.
  3. NYI MAS RARA SANTANG adalah tokoh yang bijaksana dalam menghadapi masalah, sehingga diharapkan seluruh anggota Ambalan akan menjadi orang-orang yang bijaksana.
  4. NYI MAS RARA SANTANG adalah tokoh yang selalu dihormati oleh semua orang. Sehingga diharapkan seluruh anggota Ambalan diharapkan dapat menjadi orang-orang yang mampu menjaga kehormatannya dan dihormati semua orang.
  5. NYI MAS RARA SANTANG adalah tokoh yang sederhana dan tidak sombong, sehingga diharapkan seluruh anggota Ambalan akan menjadi orang-orang yang bersahaja dan tidak menyakiti orang lain.
  6. NYI MAS RARA SANTANG adalah tokoh yang selalu bersyukur dan pekerja keras, sehingga diharapkan seluruh anggota Ambalan dapat menjadi manusia yang berguna bagi dirinya sendiri, keluarganya, lingkungannya, bangsa dan negara serta agamanya juga menjadi pribadi yang pantang menyerah.

 

LAMBANG AMBALAN GERAKAN PRAMUKA SMKN 1 CIBATU

 

 

ARTI KIASAN BET AMBALAN

  1. KUJANG    (JATI DIRINYA KASUNDAAN)

Yaitu     : Mengenal lebih jauh sejarah tentang jati diri kasundaan/suku dalam diri pramuka

  1. AKAR (PONDASI KEBERSAMAAN)

Yaitu     : Menumbuhkan karakter yang memiliki sikap solidaritas sesama anggota/regu khususnya.

  1. BATANG BAMBU (BERDIRI DIATAS KEBENARAN)

Yaitu      : Memiliki prinsip dalam diri tegak lurus tidak ada kebohongan di dlm diri kita sebagai manusia

  1. PERISAI/ SEGI TIGA (MENGGAMBARKAN JANJI SATYA PRAMUKA)

Yaitu     : Menggambarkan kekuatan dan ketahanan diri seorang pramuka serta harus berpegang teguh pada 3 janji satya (TRI SATYA) dalam menjalankan organisasi pramuka

  1. AIR DAN BATU ( KEBERADAAN TEMPAT)

Yaitu       : Keberadaan sebuah wadah/tempat berdirinya organisai dan  para anggota pramuka itu sendiri

  1. WARNA MERAH (KEBERANIAN)

Yaitu      : Tidak pantang menyerah.dan tidak takut dengan sesuatu apapun yang akan di hadapi di suatu saat nanti

  1. BINTANG (CAHAYA YG SELALU MEMBERI TERANG)

Yaitu      : Suatu arah untuk menemukan jati diri salah satunya petujuk jati diri yang tertanam dalam jiwa anak pramuka dan penerang serta penolong dalam kebenaran maupun pengetahuan dan juga harus bertakwa kepada tuhan YME.

  1. 2 KITRI ( 2 TUNAS KELAPA)

Yaitu       : Keseimbangan pramuka putra dan putri dalam kemampuan dan bakatnya sehingga masing masing tunas itu tumbuh subur tegak.

 

Bendera Ambalan Gerakan Pramuka SMK Negeri 1 Cibatu

 

DAFTAR NAMA PENGURUS MAJELIS PEMBIMBING GUGUS DEPAN (MABIGUS)

MASA BAKTI 2019-2022

1. Asep Setiawan, S.Pd., M.M : Kepala Sekolah Ka Mabigus
2. Ahyad, S.Pd.I : Waka Kesiswaan Waka Mabigus
3. Irwan Firmansyah, S.Pd : Waka Kurikulum Anggota
4. Eka Subekti, S.Pd., M.Pd : Waka sarpras Anggota
5. Neneng Nurhati, S.Pd   : Waka Hubinmas Anggota
6. Vina Septiana Lira, S.Pd : Pembina Prakuka Anggota

 

PENGHARGAAN YANG DICAPAI PRAMUKA PANGKALAN SMKN 1 CIBATU PADA LOMBA SMC SE-JAWA BARAT

 

1. Juara I Lomba Hastakarta Teknologi Tepat Guna Tingkat Penegak Se-Jawa Barat

 

 

2. Juara Harapan I Lomba LKBBT Tingkat Penegak Se-Jawa Barat

 

 

3. Juara Harapan II Lomba LCC Tingkat Penegak Se-Jawa Barat

 

 

PENGHARGAAN YANG DICAPAI PRAMUKA PANGKALAN SMKN 1 CIBATU PADA KEGIATAN JAMBORE RANTING

 

1.Juara I Ambalan tergiat tingkat penegak SMA/SMK/MA

 

2. Juara 2 yel-yel Pramuka tingkat penegak SMA/SMK/MA

 

 

3. Juara III Hastakarya tingkat penegak SMA/SMK/MA

 

 

4. Juara Umum piala bergilir tingkat penegak SMA/SMK/MA

 

 

 

JAJAK PENDAPAT

Apakah Website ini Berguna Sebagai Media Informasi ?

LIHAT HASIL
...

Asep Setiawan, S.Pd, MM

Bismillahirohmannirrohim Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh Alhamdulillahi robbil alamin kami panjatkan kehadlirat Allah SWT, bahwasannya dengan rahmat dan karunia-Nya lah akhirnya Website…

Selengkapnya